Saturday, February 18, 2017

Cara Memperbaiki Smartphone Android Yang Tidak Bisa Booting Atau Bootloop



Cara memperbaiki smartphone Android yang tidak bisa booting atau bootloop- Android bootloop adalah masalah yang sering terjadi pada ponsel atau tablet android. Apa itu bootloop pada android? Istilah bootloop atau gagal booting adalah sebuah masalah kerusakan system pada android dimana device gagal startup sehingga tidak mau menyala full hingga menu dan berhenti di logo android saja tidak mau masuk ke menu home. Penyebab android bootloop ini bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya ponsel atau tablet android upgrade system dan terjadi kegagalan atau mengggunakan rom firmware yang salah, sehingga pada saat ponsel di restart, maka yang terjadi adalah munculnya logo android atau logo merek ponsel saja ( epad, axioo, lenovo, movimax, imo, advan, samsung, cyrus, htc, beyond, acer, asus) dan berhenti disitu saja. Cara mengatasi android bootloop juga berbeda-beda.Macam-macam bootloop Android- Android Light Bootloop : Biasa terjadi pada perangkat android yang sedang dalam keadaan pemakain normal, install apk, bermain game.



- Android Medium Bootloop : Biasaterjadi karena pengguna mengutak-atik android tersebut dan masuk ke system recory yang biasanya untuk membuka system (rooting).





- Android Hard Bootloop : Biasa terjadi karena mengedit sricpt yang ada di dalam android, seperti mengupgrade OS.



Berikut cara memperbaiki smartphone android yang tidak bisa booting atau bootloop :



  1. Android Light Bootloop : Memperbaiki light bootloop hanya dengan melepaskan baterai android/tablet anda. Kerusakan ini disebabkan karena tegangan yang terlalu tinggi.



  2. Android Medium Bootloop : Memperbaiki medium bootloop harus menggunakan  PC/laptop untuk backup dan recovery image + file recovery CWM atau original.



  3. Android Hard Bootloop : Cara memperbaikinya, kita harus menggunakan PC yang sudah di install aplikasi khusus untuk install ulang OS android anda. Cara install ulang OS android berbeda-beda berdasarkan chipset CPU, contoh :



- Untuk smartphone android dengan fitur voice call/ nelpon yang menggunakan CPU MTK seperti beberapa type smartphone samsung, imo, axioo, beyond, acer, mito, advan, vandroid, htc, android, dll, perlu menggunakan alat bantu flashing tool seperti SP flash tool untuk CPU MTK



- Untuk merk android terkenal biasanya disediakan tool flashing khusus. Seperti smartphone LG dengan KDZ Tool, ZTE Tab Light dengan Sales_MultiDL, Samsung Galaxy  menggunakan ODIN.



- Sedangkan untuk mengatasi bootloop android tidak mau menyala dan tidak bisa masuk ke menu pada tablet dengan chipset cpu Allwinner seperti cyrus pad, treq basic, imo z 5, speed up, websong dll, bisa menggunakan livesuits.



- Masih ada cara flashing rom allwinner dengan micro sd menggunakan software tool Phoenix card.



- Untuk Smartfren Androtab, tabulet Troy, cube dan smartphone/tablet android lainnya yang memakai type CPU RockChip gunakan software flashing firmware dengan  RK BatchTool.



- Beberapa teknisi tempat service smartphone/tablet android ada yang tahu cara membuat custom rom (porting rom) yang cocok untuk mengatasi android bootloop.

No comments:

Post a Comment